Belajar, Bogor EduCARE, Uncategorized

How to Be The Great Leader (Cara Menjadi Leader yang Baik) – McHanafi

Oke gan, kita sekarang mau nerusin artikel yang ane buat di blog ane yang satu lagi. Tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik. Tentu kita tahu bahwa menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. Maka dari itu, ini ada tips tentang menjadi pemimpin yang baik versi Muhamad Chaerul Hanafi. Check it out !! 😉

  1. Kenalin seluruh anggota yang ente pimpin, baik itu namanya, sikapnya, sifatnya maupun kebiasanaannya, bahkan kalo perlu juga hobi dan juga kesukaannya. Seluruh yaa, bukan Cuma segelintir. Ketika kita kenal dengan lawan bicara kita, pasti dia itu merasa senang dan mungkin juga tertarik dengan kita, apalagi kalo kita baru kenal tapi kita udah tahu banyak tentang dia. Jadi hal pertama yang kita lakuin kalo jadi pemimpin yaitu mengenal.
  2. Sering membuat percakapan dengan anggota. Dengan memperbanyak percakapan kita akan merasa semakin dekat dengan anggota kita, sehingga anggota kita juga akan menjadi segan dan mungkin akan mengerti tentang kita. Apalagi ngomongin tentang kesukaan mereka, pasti akan lebih menarik perhatian mereka dan mereka pun pasti akan mulai menyukai kita.
  3. Mengadakan kumpul bersama walaupun hanya sebatas ngobrol-ngobrol gak jelas. Dengan kita memperbanyak aktifitas bersama anggota, akan ada chemistry yang tumbuh perlahan dari anggota ke pimpinan, maupun dari pimpinan ke anggota, dan itu kalo bisa dilakuin secara rutin dan terkontrol. Selain kumpul-kumpul juga kalo bisa sekalian ngomongin sesuatu tentang arah kelompok kalian, mau ke arah lebih baikkah? Atau sebaliknya.
  4. Mengambil hati anggota kita. Bukan dengan cara ngebelek dadanya terus kita ambil hatinya bukan, tapi kita kasih petuah atau motivasi kepada mereka. Sehingga menimbulkan rasa semangat bagi mereka. Tip ini yang paling penting menurut ane, supaya kita bisa menjadi seorang pemimpin yang baik dan juga bisa diterima oleh anggota kita. Lakuin tip ini walaupun sampai kita menitiskan air mata kita. Dan kalo kita udah bisa nangis depan mereka, maka kemungkinan besar, kita bisa dengan mudah mengambil hati mereka.

Yaa mungkin itu aja tips dari ane tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik bagi anggota, bukan hanya baik, tapi juga diterima oleh anggota. Mohon maaf atas kelebihan dan kekurangannya. Jangan lupa komentarnya dan juga saran buat ke depannya. Thanks 😉2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s